Bangga! Mahasiswa Program Studi Matematika FMIPA UNTAN Sukses menggelar KOMET 20 se-Kalimantan Barat

PONTIANAK,  Program Studi Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura Pontianak (UNTAN) sukses menggelar Puncak Acara Kompetisi dengan nama Kompetisi Matematika (KOMET) ke-20 se-Provinsi Kalimantan Barat untuk Siswa/i SMA/SMK/MA sederajat dan Mahasiswa/i se-Indonesia pada Sabtu (2/3/24). Kompetisi ini diamanahkan kepada Mahasiswa Matematika UNTAN terutama Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA UNTAN) yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak (UNTAN). KOMET atau akronim dari Kompetisi Matematika merupakan suatu Agenda Akbar Tahunan dari Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas Tanjungpura. Tahun ini merupakan tahun ke-20 dilaksanakannya Agenda Akbar ini. Adapun beberapa cabang Lomba Kompetisi Matematika (KOMET) ke-20 ini meliputi Olimpiade, Karya Tulis dan Alat Peraga.

Persiapan Peserta Tahap Puncak Kompetisi Matematika (KOMET) ke-20

Ketua Panitia KOMET 20, Farnawi Sya’Bandi menerangkan bahwa kegiatan Kompetisi se-Kalimantan Barat yang dipimpinnya ini berjalan dengan lancar. “Alhamdulillah Kompetisi tahun ini sukses dihadiri oleh adik-adik SMA/SMK/MA perwakilan sekolah terbaik dari masing-masing daerah se-Kalimantan Barat dan teman-teman Mahasiswa/i perwakilan dari Perguruan Tinggi se-Indonesia. Terima kasih kepada seluruh Panitia yang telah memberikan tenaga, waktu dan jerih payahnya selama ini dari awal hingga akhir. Dan juga terima kasih kepada pihak-pihak yang tidak bisa disebutkan saru persatu karena telah membantu dan mendukungkegiatan ini. ” terangnya. “Terima kasih juga kepada seluruh Peserta yang telah berjuang dari awal sampai akhir ini.  Kalian adalah Generasi Penerus Bangsa. Tetaplah terus berlatih secara terus menerus, sesuai peribahasa alah bisa karena biasa. Selalu menjadi yang terbaik dan pantang menyerah” sambungnya.

Seluruh Juara dan Piala Bergilir Kompetisi Matematika ke-20

Dekan FMIPA UNTAN, Dr. Gusrizal, S.Si., M.Si. mengungkapkan bahwa “Dengan suksesnya kegiatan ini, harapannya adik-adik SLTA yang akan melanjutkan kejenjang pendidikan selanjutnya bisa menjadikan FMIPA UNTAN salah satu fakultas yang dipilih untuk ke depan. Mengikuti kompetisi menunjukkan kalau kita sedang mengasah diri untuk menghadapi Masa Depan yang Gemilang karena pengalaman itu sangat penting dan semua itu dinamakan Proses” ungkapnya.

Olimpiade Komet sendiri memiliki dua tahapan, yang pertama yaitu Seleksi Daerah. Pada Seleksi Daerah, Komet dilaksanakan di masing-masing daerah 14 Kabupaten/Kota yang berada di Kalimantan Barat meliputi, Kota: Pontianak & Singkawang, lalu Kabupaten: Sintang, Sambas, Kubu Raya, Melawi, Ketapang, Sanggau, Mempawah, Sekadau, Bengkayang, Landak, Kapuas Hulu & Kayong Utara. Pada Seleksi Daerah ini diambil 10 Besar pada masing-masing daerah pada Sabtu (20/01/24). Lalu dilanjutkan untuk melaksanakan Seleksi Tahap Puncak yang dilaksanakan pada Sabtu (02/03/24). Tahun ini Peserta yang mengikuti Olimpiade Komet berjumlah 515 Peserta se-Kalimantan Barat. Lalu untuk yang mengikuti Tahap Puncaknya berjumlah 109 dari 140 Peserta. Ketua Program Studi Matematika FMIPA UNTAN, Dr. Bayu Prihandono, S.Si., M.Sc. menuturkan juga bahwa “Dengan suksesnya Agenda KOMET tahun ini, semoga bisa membuat adik-adik SLTA sederajat bisa mempertimbangkan Program Studi Matematika FMIPA UNTAN sebagai salah satu pilihan yang ingin dituju ke depannya. Saya bangga dengan adik-adik yang telah mengikuti Kompetisi ini sampai akhir karena hal tersebut menunjukkan potensi-potensi besar terhadap ilmu matematika yang dimiliki” tuturnya.

Panitia Kompetisi Matematika ke-20 FMIPA UNTAN

Peserta yang masuk lima besar pada tahap puncak tahun ini bersaing ketat untuk meraih juara dihadapan dewan Juri yang terdiri dari tiga orang Dosen Program Studi Matematika FMIPA UNTAN, yaitu Fransiskus Fran, S.Si., M.Si., Yudhi, S.Si., M.Si., dan Meliana Pasaribu, S.Pd., M.Sc. Adapun peraih peringkat lima besar Olimpiade Kompetisi Matematika (KOMET) ke-20 ini yaitu Juara 1 diraih oleh Janssen Edyth Lim dari SMA Kristen Immanuel Billingual Kota Pontianak, Juara 2 diraih oleh Abraham Bagunna Adiwijaya dari SMA Negeri 1 Ngabang, Juara 3 diraih oleh Sanchia Vania Trixie dari SMA Kristen Immanuel Billingual Kota Pontianak. Sedangkan untuk Harapan 1 diraih oleh Muhammad Adib Muzakky dari MA Negeri Kota Singkawang dan Harapan 2 diraih oleh Zayyan Nahrul Ilmi dari MA Negeri 2 Kota Pontianak. Bagi siswa/i SMA/SMK/MA sederajat se-Kalimantan Barat yang ingin mengetahui lebih lanjut info-info kegiatan KOMET  pada kali ini, Pantau terus Media Sosial kami salah satunya Instagram @event_komet karena KOMET akan terus ada disetiap tahunnya, See You at The Next KOMET!!!

Penulis : Farnawi Sya’Bandi