Mengenal Karya Tulis Dasar Matematika Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas Tanjungpura Sukses Menyelenggarakan Mathematics On the Paper (MOP) Komet ke-20

Pada hari Sabtu, 2 Maret 2024, Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura (UNTAN) telah mengadakan kegiatan Kompetisi Matematika (Komet) yang merupakan salah satu agenda besar Himatika setiap tahunnya. Komet tidak hanya memperkenalkan ilmu matematika melalui olimpiade saja, namun juga melalui perlombaan Mathematics On the Paper (MOP) yang merupakan salah satu cabang lomba yang diadakan pada Komet ke-20. Mathematics On the Paper (MOP) adalah perlombaan yang menunjukkan bagaimana penerapan matematika dalam menyelesaikan kasus-kasus pada permasalahan nyata yang dituangkan dalam bentuk karya tulis. Dengan diadakannya MOP, diharapkan akan membantu mengembangkan pemikiran matematika yang lebih luas dan penelitian dapat dikolaborasikan dengan ilmu lainnya. Dalam MOP ini terbagi menjadi 2 kategori yaitu MOP mahasiswa/i tingkat Universitas seluruh indonesia dan MOP Siswa/i SMA/MA/SMK (sederajat) se-Kalimantan Barat.

Pada MOP Mahasiswa tahun ini, tema yang diambil ialah “Kolaborasi Interdisipliner Dalam Matematika Untuk Mewujudkan Konservasi dan Pengelolaan Samudra yang Berkelanjutan”. Dalam penyeleksian terbagi menjadi dua tahap yaitu tahap pertama penyeleksian naskah yang diadakan pada bulan Februari 2024 yang lalu dan tahap kedua seleksi puncak dimana peserta mempresentasikan karya tulisnya. Pada tahap penyeleksian, dipilih lima tim terbaik Karya Tulis Ilmiah (KTI) untuk melanjutkan ke seleksi puncak. Lima tim terbaik tersebut ialah Tegas Raja Privatna & Zulkifli Arigani (Universitas Tanjungpura), Syarifah Fakhiratunnisa Assyahab. Tegar Rama Priyatna & Agil Judistira (Universitas Tanjungpura), Andi Moh. Ridho Pettalolo. Moh. Ali Akbar Dg. Matona, & Kevin Jieventus Yanto (Universitas Tadulako), Kalimaya Qolbi Sani (Universitas Sebelas Maret), dan I Ketut Yudi Sucipta, Rheva Anindya Wijayanti & Raihan Fitrah Hanafi (Politeknik Siber dan Sandi Negara). Seleksi puncak (Final Presentasi) dilaksanakan secara virtual melalui google meet, setiap tim mempresentasikan hasil karya tulis ilmiah (KTI) tersebut. Dewan Juri MOP Mahasiswa ini adalah dosen dan alumni Jurusan Matematika FMIPA UNTAN, yaitu Nur’ainul Miftahul Huda, S.Si., M.Si., Dr. Evy Sulistianingsih. S.Si., M.Sc., dan Hendri Purwanto. S.Si.

Babak final MOP Mahasiswa ini, setiap tim diberikan waktu 10 menit untuk presentasi dan 10 menit sesi tanya jawab. Presentasi dimulai dari tim urutan pertama yaitu dari Politeknik Siber dan Sandi Negara dengan karya tulisnya yang berjudul “Desain Baru AE Untuk Komunikasi Terenkripsi dan Terautentifikasi Antar Personel KPLP Dalam Rangka Keselamatan dan Keamanan di Laut”. Selanjutnya urutan kedua yaitu dari Universitas Sebelas Maret dengan karya tulisnya yang berjudul “Alpa Sun: Pemanfaatan Ekstrak Kulit Bawang Merah Sebagai Sediaan Tabir Surya Guna Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Ultraviolet”. Urutan ketiga yaitu dari Universitas Tanjungpura (Syarifah) dengan karya tulisnya yang berjudul “Mes-Mation: Website Monitoring Konservasi Laut Berkelanjutan Melalui Pendekatan PERT-EOQ Dalam Menangani Permasalahan Sampah Laut”. Tim Universitas Tanjungpura (Tegas) pada urutan keempat untuk presentasi dengan karya tulisnya yang berjudul ” Klasterisasi Wilayah Untuk Pengembangan Minapolitan Ekonomi Biru: Analisis Hasil dan Implikasi Kebijakan Untuk Pengembangan Berkelanjutan”. Selanjutnya urutan terakhir yaitu dari Universitas Tadulako dengan karya tulisnya yang berjudul “Diagnosis Penyakit Stroke Menggunakan Jaringan Saraf Tiruan Learning Vector Quantization (LVQ)”. Setiap tim sangat antusias memaparkan hasil karya tulis mereka tersebut untuk menunjukkan kemampuan didepan para dewan juri, Meskipun dilaksanakan secara virtual para peserta tetap terlihat bersemangat untuk saling bersaing satu sama lain. Untuk perebutan juaranya dinilai para dewan juri dengan beberapa kategori penilaian seperti format naskah, topik yang diambil, data dan sumber informasi serta analisis dan simpulannya tersebut.   Tim yang mendapatkan juara pertama yaitu Universitas Tanjungpura (Tegas), juara kedua yaitu tim Politeknik Siber dan Sandi Negara, dan yang mendapatkan juara ketiga yaitu Universitas Tanjungpura (Syarifah). Sedangkan Tim yang mendapatkan juara harapan 1 yaitu Universitas Tadulako dan juara harapan 2 yaitu Universitas Sebelas Maret. Para pemenang mendapatkan sebuah piala dan uang jutaan rupiah.

Foto para pemenang dan juri MOP Mahasiswa

Untuk MOP Siswa tahun ini bertemakan “Peranan Matematika Dalam Menciptakan Inovasi Bintang Matematikawan Guna Meningkatkan Kualitas Dan Integritas Siswa”. MOP Siswa ini di ikuti 24 tim dari 14 Kabupaten yang ada di Kalimantan Barat. Dalam tahap penyeleksian dibagi menjadi 2 tahapan yaitu tahap pertama penyeleksian naskah yang diadakan pada bulan Februari 2024 yang lalu. Pada tahapan pertama ini diambil 5 tim dengan nilai terbaik, 5 tim terbaik tersebut ialah dari SMAN 3 Pontianak, SMAN 1 Pontianak, SMAN 1 Tebas, SMKN 1 Subah dan MAS Darunna’im. 5 tim ini akan mengikuti tahapan kedua yaitu tahap final. Tahap final diadakan pada Sabtu, 2 Maret 2024 yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak.

Pada tahap final, setiap tim akan melakukan presentasi mengenai hasil karya tulisnya. Setiap tim di beri waktu selama 20 menit dengan 10 menit pertama untuk menyampaikan hasil karya tulis dan 10 menit selanjutnya untuk tanya jawab antara juri dan finalis. Presentasi dimulai dari tim urutan pertama yaitu dari SMAN 1 Tebas dengan karya tulisnya yang berjudul “Inovasi Geometri Bidang Dan Transformasi Pada Seni Batik Menggunakan Aplikasi Geogebra”. Selanjutnya urutan kedua yaitu dari MAS DARUNNA’IM Pontianak dengan karya tulisnya yang berjudul “Analisis Waktu Penggunaan Gadget Pada Gen Z Melalui Perhitungan Matematika”. Urutan ketiga yaitu dari SMAN 3 Pontianak dengan karya tulisnya yang berjudul “Children’s POP-UP Book Geometri Sebagai Media Pembelajaran Matematika Materi Geometri Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Negeri 06 Pontianak”. Urutan keempat yaitu dari SMAN 1 Pontianak dengan karya tulisnya yang berjudul “Hubungan Self-Regulated Learning Terhadap Nilai Rapor Pelajar SMAN 1 Pontianak Dengan Analisis Statistik Deskriptif”. Selanjutnya urutan terakhir yaitu dari SMKN 1 Subah dengan karya tulisnya yang berjudul “Penerapan Teorema Pythagoras Untuk Menentukan Posisi Tanam Kelapa Sawit Agar Lebih Efektif Dan Efisien Menggunakan Alat Simpensaw”. Setiap tim sangat antusias Dalam memaparkan hasil karya tulis mereka tersebut untuk menunjukkan kemampuan didepan para dewan juri. Untuk penentuan juaranya dinilai para dewan juri dari beberapa aspek penilaian seperti format naskah, topik yang diambil, data dan sumber informasi serta analisis dan simpulannya tersebut. Tim yang berhasil mendapatkan juara pertama yaitu dari SMAN 3 Pontianak, juara kedua yaitu dari SMKN 1 Subah, dan juara ketiga yaitu dari SMAN 1 Pontianak.  Sedangkan juara harapan 1 yaitu dari SMAN 1 Tebas dan juara harapan 2 yaitu dari MAS Darunna’im. Para pemenang mendapatkan sebuah piala dan uang jutaan rupiah.

Foto pemenang MOP Siswa

Bagi para siswa/i tingkat SMA/MA/SMK Sederajat dan mahasiswa/i se-Indonesia yang belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti perlombaan Mathemathics On the Paper (MOP) tahun ini jangan berkecil hati karena lomba MOP akan diadakan kembali pada tahun depan dan pendaftaran dibuka untuk siswa/i tingkat SMA/MA/SMK Sederajat dan juga untuk mahasiwa/i se-Indonesia. Follow Instagram @event_komet agar tidak ketinggalan informasi terkait perlombaan MOP dan perlombaan lainnya.

Penulis : Oktavia-Hipin