Membuka Wawasan dan Kreativitas Matematika Siswa SMA/MA/SMK Sederajat, Himpunan Mahasiswa Matematika FMIPA Universitas TanjungpuraAdakan Lomba Peraga Matematika (Gamma)

Gamma (Peraga Matematika) merupakan salah satu cabang perlombaan yang diadakan oleh KOMET (Kompetisi matematika) ke-20 pada hari Sabtu, 2 Maret 2024 dibawah naungan Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) FMIPA Universitas Tanjungpura. Perlombaan Gamma ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga merupakan platform bagi para siswa tingkat SMA/MA/SMK Sederajat untuk menunjukkan kreativitas dan pemahaman mereka tentang matematika melalui pembuatan peraga dan presentasi yang inovatif. Dengan bangga, Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) FMIPA Untan memberikan dukungan penuh kepada para peserta, menegaskan komitmen mereka dalam mendukung pendidikan matematika di tingkat sekolah menengah.

Ada 27 tim yang mendaftar untuk mengikuti perlombaan Gamma pada KOMET tahun ini. Tahun ini perlombaan Gamma didominasi oleh kota Pontianak, kurang lebih 60% tim berasal dari sekolah sekolah yang ada di Pontianak. Setelah melalui tahap seleksi, hanya lima tim saja yang dapat lanjut hingga babak final, yaitu empat sekolah berasal dari Kota Pontianak dan satu sekolah berasal dari Singkawang. Lima tim yang mengikuti babak final memiliki peraga yang unik dan bermafaat untuk memecahkan persoalan matematika. Berikut nama-nama peraga yang dipresentasikan pada babak final Gamma pada hari Sabtu 2 Maret 2024, dari SMAK Immanuel Pontianak ‘Samudratika’, ‘Pasutri (Papan Sudut Trigonometri)’ dari MAN 2 Pontianak, ‘Finory (Find Me, Know Geometry)’ dari SMAN 3 Pontianak, ‘Gama Kalima’ dari SMAN 8 Pontianak, dan yang terakhir ‘Papan Hoki (Papan Horner Kino)’ dari SMAN 1 Singkawang.

Peserta dan Dewan Juri Final GAMMA pada KOMET ke-20

Para peserta yang terdiri dari 5 sekolah berbeda berlomba untuk mempresentasikannya karya-karya mereka kepada para juri yang terdiri dari dua orang dosen Jurusan Matematika FMIPA UNTAN, yaitu Mariatul Kiftiah, S.Si.,M.Sc dan Shantika Martha, S.Si.,M.Si. Adapun peraih juara Gamma pada KOMET ke-20 yaitu juara 1 diraih oleh SMAK Immanuel Pontianak, juara 2 diraih MAN 2 Pontianak, juara 3 oleh SMAN 1 Singkawang, juara harapan 1 diraih SMAN 3 Pontianak, dan juara harapan 2 SMAN 8 Pontianak.

Piala Juara GAMMA diserahkan langsung oleh Dekan FMIPA UNTAN

Perlombaam Gamma ini bertujuan untuk mempromosikan minat dan pemahaman yang lebih dalam tentang konsep matematika di kalangan siswa SMA/MA/SMK Sederajat. Dengan antusiasme yang tinggi, para peserta menampilkan berbagai karya yang mencerminkan pemahaman mereka tentang konsep matematika dengan cara yang menarik dan kreatif. Harapannya, Lomba Gamma ini akan menginspirasi minat siswa untuk lebih mendalami konsep-konsep matematika dan mempertimbangkan studi lanjutan di bidang ini. Program studi matematika di FMIPA Untan terus berupaya menjadi pusat keunggulan dalam pendidikan matematika, menyediakan pendidikan berkualitas yang memberikan kontribusi positif bagi perkembangan masyarakat dan bangsa.

Bagi para siswa SMA/MA/SMK Sederajat yang masih belum mendapatkan kesempatan untuk mengikuti perlombaan Gamma pada tahun ini jangan berkecil hati, Lomba Gamma (Peraga Matematika) akan ada lagi pada KOMET tahun depan. Pantau terus Instagram @event_komet agar tidak ketinggalan informasi.

Penulis : Marselina