Talkshow Matematika “Pengenalan Program Studi Matematika dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah”

Pada hari Rabu, 28 Februari 2024, Himpunan Mahasiswa Matematika (Himatika) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Tanjungpura (UNTAN) telah mengadakan acara Talkshow Matematika dengan tema “Pengenalan Program Studi Matematika Dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Matematika” yang dilaksanakan secara virtual via zoom meeting. Himatika menghadirkan para narasumber yang berkompeten dibidangnya, yaitu Dr. Bayu Prihandono, S.Si., M.Sc., selaku Ketua Program Studi (PS) Matematika FMIPA UNTAN dan Ady Febrisutisyanto, S.Mat., M.Aktr. yang merupakan alumni dari PS Matematika FMIPA UNTAN. Selain itu, nara sumber pada kegiatan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah adalah Aviva Salsabila yang merupakan mahasiswa PS Matematika.

Acara ini dihadiri oleh para siswa SMA, mahasiswa, dosen, dan alumni dari PS  Matematika. Adapun tujuan diadakannya acara ini adalah untuk menambah wawasan dalam dunia matematika serta karya tulis yang dapat dikembangkan seperti yang diucapkan oleh ketua Himatika, Rega Arya Kentana dalam sambutannya. Acara berlangsung dengan cukup baik, dimana pada awal pembukaan acara ini seluruh partisipan yang ada di zoom meeting menyanyikan lagu Indonesia raya dengan khidmat. Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Dr. Bayu Prihandono, S.Si., M.Sc., selaku Ketua PS Matematika FMIPA UNTAN. Pada perkenalan PS Matematika, selain pemaparan visi dan misi program studi, diinformasikan pula profil pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan PS Matematika, kualifikasi dosen-dosen yang sangat kompeten, serta sarana dan prasarana jika kuliah di PS Matematika FMIPA UNTAN. Beberapa penelitian juga disampaikan secara ringkas serta pentingnya karya tulis ilmiah dalam pengembangan ilmu matematika.

Dr. Bayu Prihandono, S.Si., M.Sc. memperkenalkan PS Matematika

Acara ini sangat interaktif melihat banyaknya pertanyaan dari para peserta kepada narasumber. Pertanyaan-pertanyaan tersebut meliputi berbagai topik mulai dari prospek kerja bagi lulusan PS Matematika hingga strategi penelitian untuk menulis karya tulis ilmiah yang berkualitas. Sebagai narasumber Ady Febrisutisyanto, S.mat., M.Aktr, alumni Matematika, Ady mengatakan bahwa peluang kerja bagi lulusan PS Matematika ada dua yaitu menjadi akademisi atau praktisi. Selain itu beliau juga memaparkan peran penting alumni dalam memberikan motivasi dan panduan bagi mahasiswa dalam mengembangkan karya tulis ilmiah. Narasumber karya ilmiah, Avifa Salsabila, mahasiswa PS Matematika, juga berbagi pengalaman dan tips dalam menulis karya tulis ilmiah. Dia menggarisbawahi pentingnya metodologi penelitian yang sistematis dan analisis yang mendalam dalam sebuah karya ilmiah.

Ady Febrisutisyanto, S.mat., M.Aktr

Dengan antusiasme yang tinggi dari peserta dan kontribusi yang berharga dari para narasumber, acara talkshow ini berhasil memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang program studi Matematika serta memberikan panduan praktis dalam menulis karya tulis ilmiah. Semoga acara ini dapat menjadi langkah awal yang baik bagi mahasiswa Matematika dalam mengembangkan diri mereka di dunia akademik dan profesional. Diskusi yang digelar pada acara ini juga membuka ruang bagi peserta untuk bertanya dan berdiskusi tentang berbagai aspek terkait dengan program studi Matematika serta karya tulis ilmiah. Antusiasme peserta dalam berpartisipasi aktif menjadikan acara ini berkesan dan bermanfaat bagi semua yang hadir.

Dengan demikian, acara talkshow “Pengenalan Program Studi Matematika dan Pelatihan Karya Tulis Ilmiah” ini sukses terselenggara dan diharapkan mampu memberikan inspirasi serta motivasi bagi mahasiswa PS Matematika FMIPA Universitas Tanjungpura untuk mengembangkan diri dalam bidang penelitian dan karya tulis ilmiah.

Penulis : Red. Sekar & Krisma