Menjawab Tantangan Era Digital, PS Matematika FMIPA UNTAN mengadakan kuliah umum dengan tema “Topik-topik Penelitian Graf “

Era digitalisasi menjadi tantangan baru untuk mengimplementasikan peran matematika pada beberapa kasus dalam kehidupan sehari-hari.  Beberapa kasus tersebut dapat diselesaikan dengan penerapan ilmu matematika, salah satu di antaranya adalah Teori Graf. Salah satu topik menarik dalam teori graf adalah kompleksitas pada graf dan bilangan diakromatik pewarnaan graf.  Program Studi Matematika menghadirkan Kuliah Umum dengan tema “ Topik-topik Penelitian Graf “ yang bertujuan memberikan pemahaman tentang topik apa saja yang bisa menjadi penelitian tentang Graf.

Kuliah Umum ini dimulai dengan rangkaian pembukaan dan sambutan dari Ketua Program Studi Matematika, Dr. Bayu Prihandono, S.Si, M.Sc. ”Kuliah umum ini merupakan kegiatan rutin yang diadakan oleh PS Matematika”, pukas beliau dalam sambutannya. Disela sela sambutannya, tidak lupa beliau menyampaikan visi dan misi PS Matematika FMIPA UNTAN. Dengan harapan, seluruh civitas akademik PS matematika mengetahui serta memahami visi dan misi PS Matematika FMIPA UNTAN. Sehingga nantinya para civitas akademik PS Matematika dapat bekerja sama, kolaborasi dan bersinergi untuk mewujudkan visi dan misi PS tersebut.

Kuliah umum ini, dihadiri oleh dua narasumber yang mumpuni di bidang Graf. Narasumber pertama yaitu Fransiskus Fran, S.Si, M. Si., yang merupakan salah satu tenaga pengajar di program studi Matematika FMIPA Universitas Tanjungpura. Dalam kuliah umum ini beliau menyampaikan materi terkait kompleksitas pada Graf. ”Kompleksitas untuk graf sederhana dengan 2 parameter atau lebih serta kompleksitas untuk graf hasil operasi tertentu merupakan topik lanjutan yang menarik untuk diteliti” pukasnya mengakhiri materi yang ia sampaikan. Penyampaian materi dilanjutkan oleh Raventino, S. Mat. yang merupakan mahasiswa program magister Matematika Universitas Gadjah Mada. Dalam penyampaian materi yang ia sampaikan, beliau membahas tentang  bilangan diakromatik pada suatu graf dan graf token. Untuk penelitian lanjutan, disarankan untuk mendalami bilangan diakromatik untuk kasus graf yang memuat cycle. Selanjutnya Suryani selaku moderator kuliah umum memandu jalannya diskusi.

Para peserta antusias untuk bertanya kepada narasumber terkait graf dan topik topik penelitian graf.  Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan panitia melalui google form, sebagian besar peserta merasa sangat puas dengan kuliah umum ini dan berharap akan ada kuliah umum lanjutan yang dilaksanakan secara hybrid dengan tema yang berbeda.

Di akhir acara, terdapat sesi pemberian sertifikat kepada narasumber oleh Dr. Bayu Prihandono, M.Sc selaku Ketua PS Matematika FMIPA UNTAN, sebagai apresiasi dan terimakasih karena telah meluangkan waktu untuk membagikan ilmu. Secara umum kuliah umum ini berjalan lancar dengan baik, walaupun dalam pelaksaan kuliah umum ini terganggu dengan adanya gangguan koneksi yang tidak stabil, namun tidak mempengaruhi jalannya rangkaian kegiatan kuliah umum.