Soroti Potensi Pemodelan Matematika pada Fenomena Kehidupan, Program Studi Matematika adakan Kuliah Umum

Program Studi Matematika FMIPA Universitas Tanjungpura adakan Kuliah umum dengan tema “Potensi Pemodelan Matematika Pada Fenomena Kehidupan” pada Selasa (20/09). Kuliah umum ini dilaksanakan secara hybrid yaitu di Ruang Senat FMIPA Unitersitas Tanjungpura dan melalui video conference zoom.

Kegiatan ini berlangsung dari pukul 09:00 hingga 11:45 WIB yang dihadiri oleh 237 peserta  dengan 45 peserta hadir secara offline dan 192 peserta hadir secara online. Selain dosen dan mahasiswa di Jurusan Matematika FMIPA Universitas Tanjungpura, kuliah umum ini juga  dikuti oleh dosen dari universitas Gunadarma,  universitas Widyatama, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya dan Universitas Hasanuddin. Turut hadir pula rekan-rekan dari instansi Diskominfo Mempawah dan Disperindagnaker Kabupaten Mempawah.

Kuliah umum ini dibuka oleh Ketua Jurusan Matematika FMIPA Universitas Tanjungpura. ”Banyak kegiatan di kehidupan sehari-hari yang dapat dimodelkan ke dalam model matematika. Oleh karena itu melalui kuliah umum ini diharapkan peserta dapat mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan dosen dan mahasiswa tentang potensi pemodelan Matematika dalam beberapa fenomena kehidupan.” ungkap Dr. Yundari. M. Sc. saat membuka Kegiatan kuliah umum ini.

Rangkaian acara kuliah umum ini dilanjutkan dengan sesi pemaparan materi yang dimoderatori oleh salah satu Dosen Program Studi Matematika Universitas Tanjungpura yakni ibu Nur’ainul Miftahul Huda, M.Si. Materi pertama disampaikan oleh bapak Dr. Muhammad  Fakhruddin, M.Si. yang merupakan salah satu Dosen di Program Studi Matematika Universitas Pertahanan RI. Beliau mengangkat tema “Pemodelan Matematika Epidemiologi”. Dalam materi tersebut, dibahas jenis-jenis model matematika dan langkah-langkah pemodelan matematika. Beliau juga mengungkapkan pentingnya melakukan pemodelan untuk menanggulangi penyebaran penyakit.

Materi kedua mengangkat tema “Pemodelan Matematika Fluida” yang disampaikan oleh bapak Dr. Bayu Prihandono, M.Sc. Beliau merupakan salah satu Dosen di Program Studi Matematika Universitas Tanjungpura. Materi tersebut berisi tentang mekanika fluida, model matematika dari gelombang air dan solusinya dengan pendekatan Metode Variasional dan Transformasi Fourier. “Asumsi yang berbeda, tentu perhitungannya juga akan berbeda” ungkapnya saat menjawab pertanyaan salah satu peserta kuliah umum. Dengan adanya kuliah umum ini diharapkan peserta terutama mahasiswa dapat mengembangkan dan meningkatkan pengetahuannya tentang potensi pemodelan matematika dalam beberapa fenomena kehidupan.