PKM Jurusan Matematika FMIPA Untan Adakan Pelatihan Berbasis Aplikasi

Perkembangan teknologi menuntun masyarakat ke arah yang lebih mudah selaras dengan fungsi dari teknologi. Meski demikian, tidak sedikit yang masih tertinggal seiring pesatnya kemajuan teknologi. Berangkat dari masalah tersebut, tim PKM Dosen Program Studi Matematika FMIPA Untan berkolaborasi dengan tim PKM Dosen Program Studi Statistika FMIPA Untan adakan kegiatan bersama MGMP SMP dan SMA  se-Kubu Raya dan Pontianak dihadiri oleh 50 peserta di Hotel Mercure pada Senin, (13/6).

“Sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi, PKM menjadi salah satu kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh dosen,” ungkap Dr. Yundari, M. Sc selaku ketua jurusan Matematika di FMIPA Untan.

Kegiatan terbagi menjadi dua sesi dengan dua tema berbeda. Pada sesi pertama dihadirkan Hendra Perdana M, Sc membawa materi bertema ‘Pelatihan Analisis Data untuk Guru Matematika di Kabupaten Kubu Raya’. Selain memperkenalkan fungsi Ms. Excel dalam analisis data, pemateri juga memberikan demo analisis soal pilihan ganda yang mudah dan efisien.

“Setelah dijelaskan oleh pemateri, ternyata analisis data tidak terlalu rumit sehingga bisa dipelajari dan dapat membantu pekerjaan guru,” komentar Effendi usai materi pertama.

Pada sesi kedua yang bertema ‘Pelatihan Menggambar Grafik Dua dan Tiga Dimensi dengan Menggunakan Aplikasi Desmos untuk Guru-Guru Matematika SMP dan SMA di Pontianak dan Kubu Raya’, Dr. Bayu Prihandono, M. Sc memperkenalkan Desmos, aplikasi yang jarang diketahui namun membantu dalam penyajian dan penggambaran grafik.

“Sebagai pengajar, kita harus selalu update,” ucap Dr. Bayu Prihandono, M. Sc di sela penyampaian materi.

Meski berlangsung dari pagi hingga sore hari, peserta terlihat benar-benar antusias mengikuti kegiatan. Loranti Folia, salah satu peserta aktif mengaku baru pertama kali mendengar aplikasi Desmos yang dibawa oleh Dr. Bayu Prihandono, M. Sc. Berlangsungnya kegiatan hari ini tak lepas dari perhatian dari Ketua MGMP, Wartini, M. Pd. “Semoga ilmu yang didapat hari ini dapat berguna bagi kami serta kerja sama ini dapat berlanjut hingga ke depannya,” pungkasnya.

Berita ini telah tayang di untan.ac.id