Lebih Tahu Matematika melalui Webinar “Knowing More About Mathematics”

Program Studi Matematika FMIPA Universitas Tanjungpura adakan webinar “Knowing More About Mathematics” menghadirkan mahasiswi termuda S3 Matematika ITB dan mahasiswa S3 di Beihang University of Aeronautics and Astronomy melalui Zoom Conference pada Selasa, (30/11). Webinar ini dihadiri oleh 287 peserta.

Sesi pertama diisi oleh Maya Nabila yang merupakan mahasiswi termuda S3 Matematika ITB. Usianya baru 21 saat ia menempuh pendidikan S3 Matematika dan namanya sempat melambung di media nasional berkat prestasinya.

Pada webinar ini, Maya membahas mengenai Matematika dalam kehidupan sehari-hari, aplikasi Matematika, cara mencintai belajar khususnya Matematika tips dan trik memilih judul tugas akhir hingga informasi mengenai beasiswa PMDSU.

“Apa pun yang berhubungan dengan Matematika selalu mengenai bagaimana caranya kita menemukan pola, bagaimana cara kita menangkap keindahannya dan bagaimana kita menjelaskannya dengan penjelasan yang sangat berarti dan clear,” ungkap Maya Nabila.

Selanjutnya sesi kedua diisi oleh Ogi Gumelar, mahasiswa yang kini menempuh pendidikan S3 di Beihang University of Aeronautics and Astronomy. Tidak hanya seorang mahasiswa, Ogi Gumelar juga berkarier di LAPAN. Topik yang dibawakan narasumber ialah prospek kerja Matematikawan dalam dunia teknologi dan remote sensing.

Tak hanya membahas prospek karier yang bisa ditempuh oleh lulusan Matematika, Ogi juga menampilkan implementasi metode Matematika dalam penelitiannya. Selain itu, Ogi juga terbuka bagi orang yang ingin berkolaborasi dengannya dalam penelitian.

“Ketika mempelajari teori Matematika di bangku kuliah, kita kadang-kadang tidak mengerti kegunaannya namun ketika kita bisa menemukan implementasi yang tepat, kita akan tahu bahwa teori itu berguna bagi suatu bidang tertentu,” pesan Ogi Gumelar.

Melihat antusias peserta yang luar biasa, Mariatul Kiftiah selaku ketua program studi Matematika mengungkapkan sukacitanya. “Senang, alhamdullilah. Materi tersampaikan sesuai dengan temanya dan peserta banyak yang ingin lebih tahu lagi dengan ilmu Matematika. Mulai dari strategi belajar Matematika, hinga pekerjaan yang digeluti oleh Matematikawan.”

“Materinya menarik. Ada banyak hal yang diperoleh dari webinar tadi, tidak hanya terkait seberapa pentingnya Matematika bagi hidup kita namun juga membahas bagaimana kita membagi waktu antara belajar dan self reward bagi diri sendiri. Harapannya, semoga webinar selanjutnya bisa mengundang Jerome,” tutup Anggun, salah satu peserta webinar.

Berita ini telah tayang di untan.ac.id